cover
Contact Name
-
Contact Email
jurnal@stiepari.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
jurnal@stiepari.ac.id
Editorial Address
Jl. Lamongan Tengah No.2, Bendan Ngisor, Kec. Gajahmungkur, Kota Semarang, Jawa Tengah 50233
Location
Kota semarang,
Jawa tengah
INDONESIA
Gemawisata: Jurnal Ilmiah Pariwisata
ISSN : 14115077     EISSN : 27748987     DOI : -
Core Subject : Social,
Jurnal yang mempublikasikan hasil penelitian, ulasan ilmiah dan informasi lainnya di bidang pariwisata dan perhotelan. terbit 3 kali dalam setahun (Januari, Mei dan September).
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 16, No 2 (2020): GEMAWISATA MEI 2020" : 8 Documents clear
Pelayanan Konsumen di Warung Makan SOB Balungan Babe di Demak Nugroho, Agung Afrilian
Gemawisata: Jurnal Ilmiah Pariwisata Vol 16, No 2 (2020): GEMAWISATA MEI 2020
Publisher : Gemawisata: Jurnal Ilmiah Pariwisata

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kepuasan konsumen tentu tidak mudah karena konsumen mempunyai sifatyang berbeda-beda sebagaimana dari kebutuhan manusia yang tidak terbatasdisamping dipengaruhi oleh kondisi eksternal dan internal lainnya yang berakibatlangsung terhadap perilaku konsumen. Faktor eksternal yang dimaksud meliputikebudayaan, sub budaya, kelas sosial, kelompok sosial, kelompok referensi, dankeluarga. Sedangkan faktor internal adalah faktor yang ada pada diri konsumen itusendiri (psikologis) yang meliputi: belajar, kepribadian, dan konsep diri,sertasikap (Stanton,1996). Oleh sebab itu konsumen harus dapat mengendalikanperubahan perilaku tersebut dengan berusaha mengimbanginya, yakni denganmempengaruhi konsumen dalam membeli produk jasa yang ditawarkan danmelalui evaluasi berkala demi kelangsungan hidup produsen itu sendiri. Tidaksemua kualiatas Warung Makan diminati oleh sebagian besar konsumen yang ada,tetapi hanya beberapa saja. Warung Makan SOP Balungan Babe Demakmerupakan salah satu Warung Makan yang menjual sop dan gado-gado diKabupaten Demak. Pengambilan keputusan dalam memilih Warung Makan SOPBalungan Babe Demak yang menyediakan produk berupa makanan, jasapelayanan dan pengiriman tidak hanya didasarkan pada harga saja tapi banyak hallainnya yang menjadi bahan pertimbangan, misalnya kualitas makanan, kualitasjasa, pengiriman, kepercayaan terhadap pelaksanaan service dan tingkat kepuasanyang diperoleh.
Peningkatan Kualitas Produk Dan Pelayanan Untuk Kepuasan Konsumen di Sanita Catering Semarang Sinaga, Christine Paramitta Dwi
Gemawisata: Jurnal Ilmiah Pariwisata Vol 16, No 2 (2020): GEMAWISATA MEI 2020
Publisher : Gemawisata: Jurnal Ilmiah Pariwisata

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini dilakukan pada Sanita Catering Semarang yang bertujuan untukUntuk mengetahui dan mendeskripsikan bagaimana meningkatkan kualitas produkdan pelayanan untuk kepuasan pelanggan yang mana mengalami kondisikuranng baik meliputi bukti fisik, keandalan, daya tanggap, jaminan serta empatiyang mana dalam kondisi pelayanan yang diberikan oleh pelayanan oleh seorangkaryawan masih kurang cukup baik, serta ada beberapa kualitas produk masihkurang sesuai harapan pelanggan. Data penelitian diperoleh melalui wawancaradan analisis deskripstif. informan yang digunakan dalam penelitian sebanyak 8orang diantaranya 1 pengelola, 2 karyawan, 5 konsumen. Hasil penelitiandiharapkan dapat memberikan informasi yang berguna bagi pihak pengelolamaupun kepuasan konsumen. Data yang diperoleh diolah dengan menggunakananalisis deskriptif. Analisis kualitatif menggunakan teknik keabsahan data,reduksi,sajian data, dan kesimpulan atau vertivikasi. Hasil penelitianmenunjukkan bahwa adanya peningkatan kualitas produk dan pelayann untukkepuasan konsumen. Kualitas produk di Sanita Catering 8 (delapan) standarkualitas produk yang baik diantara 8 (delapan) kualitas produk tersebut adalahflavour, consisteny, texture, nutrional content, visual appeal, aromatic appeal,temperature, dan recipes. Pelanggan tetap berpendapat bahwa kualitas produkyang di Sanita Catering sudah tergolong cukup baik akan tetapi ada beberapakualitas produk yang perlu ditingkatkan meliputi consisteny, texture, temperaturedan recipes.Kualitas pelayanan di Sanita Catering mempunyai 5 (lima) unsurdiantara 5 (lima) dimensi kualitas pelayanan tersebut adalah reliability(keandalan), responsiveness (ketanggapan), assurance (jaminan dan kepastian),emphaty (empati), tanggible (berwujud). Karyawan berpendapat bahwa masih adabeberapa yang harus ditingkatkan meliputi dalam unsur dimensi responsiveness(ketanggapan) dan emphaty (emphaty), guna meningkatkan kepuasan konsumenpembelian produk pada periode berikutnya.
Strategi Peningkatan Kehidupan Sosial Ekonomi Pedagang Krupuk Ikan Desa Sriwulan Kecamatan Sayung ., Mukorobin
Gemawisata: Jurnal Ilmiah Pariwisata Vol 16, No 2 (2020): GEMAWISATA MEI 2020
Publisher : Gemawisata: Jurnal Ilmiah Pariwisata

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Profil Budaya Organisasi Indomart Genuk Demak saat ini (current) dan yangdiharapkan (preferred) masih didominasi oleh tipe budaya hierarchy dan marketdengan gap sebesar 3%, maka tidak dibutuhkan perubahan budaya organisasi yangsignifikan. Namun jika dilihat lebih detail terhadap keenam dimensi, ada limadimensi yang menunjukan gap lebih dari 5% sehingga memerlukan perubahanbudaya organisasi sebagai strategi peningkatan SDM pada perusahaan tersebut.Kelima dimensi tersebut adalah Kepemimpinan Organisasi, PengelolaanKaryawan, Perekat Organisasi, Penekanan Strategis dan Kriteria Sukses.Strategiyang diperlukan untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia padaIndomart Genuk Demak berdasarkan pada enam dimensi utama, yaitu : a).Kepemimpinan Organisasi : Menerapkan kepemimpinan organisasi yang lebihfleksible namun tidak juga melanggar aturan b). Pengelolaan Karyawan :melakukan pengelolaan karyawan yang lebih mengutamakan kerja sama tim,kesepakatan, partisipasi semua karyawan, lebih fokus pada pengelolaan internperusahaan. c). Perekat Organisasi : mengurangi formalitas aturan aturan yangmendasari perekat organisasi. d. Penekanan Strategis : fokus pada internalperusahaan dan mengurangi fokus pada persaingan pasar e). Kriteria Sukses :menekankan kriteria sukses pada pengembangan SDM, kondisi internalperusahaan, kerja tim dan komitmen serta kepedulian akan sesama karyawan.Katakunci: dampak, ritel modern, Indomart.
Analisa Pembangunan Pariwisata dan Tantangannya Soehari, Hartoyo
Gemawisata: Jurnal Ilmiah Pariwisata Vol 16, No 2 (2020): GEMAWISATA MEI 2020
Publisher : Gemawisata: Jurnal Ilmiah Pariwisata

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa tentang kemampuan sektorkepariwisataan sebagai unggulan penghasil devisa dan untuk menjelaskanbeberapa tantangan yang kurang mendukung terhadap upaya pembangunannya.Studi menggunakan metode kualitatif. Teknik yang diterapkan adalah analisadokumen bidang kepariwisataan, meliputi dokumen laporan hasil pembangunankepariwisataan, buku pustaka, dan sumber data elektronik. Hasil studimengungkapkan, bahwa pembangunan sektor kepariwisataan telah menunjukkanhasil yang baik sebagai penghasil devisa yang tinggi mengimbangi minyak. Di sisilain, upaya pembangunan bidang kepariwisataan masih menemui banyaktantangan yang perlu disikapi Pemerintah, untuk meningkatkan peran sektorkepariwisataan dalam andil memajukan Indonesia.
Pengaruh Dimensi Kualitas Pelayanan Petugas Front Office Terhadap Tingkat Kepuasan Tamu di Villa Kampung Gunung Kuningan Rupiningsih, Nining
Gemawisata: Jurnal Ilmiah Pariwisata Vol 16, No 2 (2020): GEMAWISATA MEI 2020
Publisher : Gemawisata: Jurnal Ilmiah Pariwisata

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Villa Kampung Gunung Kuningan merupakan resort yang terdapat diKabupaten Kuningan. berkembangnya beberapa pembangunan hotel di KabupatenKuningan mengakibatkan tamu yang akan berkunjung ke Kabupaten Kuninganmemiliki beberapa alternative pilihan untuk tempat menginap ketika akanberkunjung ke Kabupaten Kuningan, hal ini yang mendorong penulis untukmenganalisa kualitas pelayanan khususnya petugas front office deparmentterhadap kepuasan tamu, adapun dimensi yang penulis teliti adalah bukti fisik(tangible), kehandalan (reliability), daya tangkap (responsiveness), jaminan(assurance) dan empathy, hal tersebut merupakan alat ukur untuk mengukurkualitas pelayanan. Alat ukur tersebut diharapkan dapat membantu manajemenVilla Kampung Gunung dapat meningkatkan pelayanan kepada tamu. Metodepenelitian yang dilakukan pada skripsi ini adalah kuantitatif dengan caramenyebarkan angket pertanyaan kepada tamu yang berkunjung, denganmengambil responden sejumlah 96 tamu dan seluruhnya dijadikan sebagagaisampelnya.
Pengaruh Bauran Pemasaran Dan Fasilitas Daya Tarik Wisata Terhadap Kepuasan Wisatawan Di Owabong Purbalingga Werdawati, Noviana Nur
Gemawisata: Jurnal Ilmiah Pariwisata Vol 16, No 2 (2020): GEMAWISATA MEI 2020
Publisher : Gemawisata: Jurnal Ilmiah Pariwisata

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis adanyapengaruh positif dan signifikan Bauran Pemasaran dan Fasilitas Daya TarikWisata secara parsial dan bersama – sama terhadap Kepuasan Wisatawan diOwabong Purbalingga. Populasi dalam penelitian ini adalah Wisatawan yangberkunjung di Owabong Purbalingga selama 5 bulan berjumlah 85.042.6 orang.Sampel yang digunakan adalah dengan menggunakan Rumus Slovin untukmenentukan besarnya Sampel dengan taraf 10 %, sehingga jumlah sampelpenelitian sebanyak 100 responden. Alatanalisa yang digunakan adalah RegresiLinier Berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial dan bersama– sama ada pengaruh positif dan signifikan Bauran Pemasaran dan Fasilitas DayaTarik Wisata secara parsial dan bersama – sama terhadap Kepuasan Wisatawan diOwabong Purbalingga. Variabel Fasilitas Daya Tarik Wisata merupakan variabelyang paling berpengaruh terhadap Kepuasan wisatawan di Owabong Purbalingga
Pengembangan Kemampuan Dan Pemberian Motivasi Sebagai Bentuk Peningkatan Kinerja Karyawan Pada Destinasi Wisata Kampoeng Djowo Sekatul Kendal Umam, Khotibul
Gemawisata: Jurnal Ilmiah Pariwisata Vol 16, No 2 (2020): GEMAWISATA MEI 2020
Publisher : Gemawisata: Jurnal Ilmiah Pariwisata

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pengembangan kemampuan dan pemberian motivasi sebagai bentukpeningkatan kinerja karyawan pada destinasi wisata kampoeng djowo sekatulKendal, skripsi progam strata 1 (S1) dengan peminatan manajemen sumber dayamanusia di Sekolah Tinggi Ekonomi Pariwisata Indonesia (STIEPARI).rumahmakan kampoeng djowo sekatul selain dikenal dengan berbagai menunya yangkomplit dan harganya yang tidak begitu mahal, tempat ini tergolong nyaman untukmakan sambil beristirahat dengan udara yang sejuk dan di kelilingi berbagaibangunan rumah joglo yang ber nuansa jawa. Penelitian ini bertujuan untukmendeskripsikan pelatihan dan Pemberian motivasi karyawan pada DesawisataKampoeng Djowo Sekatu Kendal. Penelitian ini menggunakan metodekualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara danobservasi.Teknik penentuan informan yang digunakan oleh penulis adalahpurposive sampling.Manager, divisi umum, serta para staff karyawan merupakaninforman dalam penelitian ini.Penulis menggunakan teknik triangulasi sebagaiteknik untuk menguji keabsahan data. Hasil dari penelitian menujukkan metodeyang digunakan terbukti efektif, seperti proses pelatihan calon karyawan yangmenggunakan metode pelatihan sambil bekerja, sedangkan dalam prosespengembangan karyawan, metode yang digunakan oleh Desa wisataKampoengDjowo Sekatul adalah metode rotasi pekerjaan, persiapan untuk pengganti dan jugamemakai kembali metode pelatihan (pelatihan sambil bekerja).
Pengaruh Motivasi Dan Kepemimpinan Terhadap Kinerja Karyawan di Hotel Pramesthi Kartasura Hartati, Sri
Gemawisata: Jurnal Ilmiah Pariwisata Vol 16, No 2 (2020): GEMAWISATA MEI 2020
Publisher : Gemawisata: Jurnal Ilmiah Pariwisata

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Hotel merupakan salah satu pergerakan dibidang industri pariwisata yangmemiliki potensi yang baik dan cepat sekali dalam perkembangannya seiringdengan berkembangnya kebutuhan dan gaya hidup masyarakat yang berkembangjuga. Kini hotel berkembang dengan berbagai macam fasilitas seperti boutiquehotel, fitness center, swimming pool dengan air hangat, spa, sauna, sport centerdan sebagainya yang merupakan fasiltas yang sangat dibutuhkan untukmemuaskan para tamu. Untuk memberikan kepuasan kepada tamu ada beberapahal yang menjadi elemen penting dibelakangnya, yakni dari pihak karyawan danpimpinan yang mengelola. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapabesar pengaruh variabel motivasi dan variabel kepemimoinan terhadap kinerjakaryawan Hotel Pramesthi Kartasura. Metode yang digunakan dalam penelitianini adalah metode obeservasi, wawancara, kuesioner, dan studi kepustakaandengan menggunakan skala likert dan populasi yang ada dalam penelitian iniadalah semua karyawan Hotel Pramesthi Kartasura. Sampel yang digunakandalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode probability samplingsebanyak 33 sampel. Metode analisis yang digunakan adalah metode regresi liniarberganda (multi liniar regression). Dari kedua variabel tersebut variabelkepemimpinan memiliki pengaruh yang lebih dominan terhadap kinerja karyawanHotel Pramesthi Kartasura dengan nilai koefisien sebesar 0,561.

Page 1 of 1 | Total Record : 8